"Mencegah lebih baik dibanding Mengobati " = " Kesehatan itu Mahal "


Bila berat badan Anda terlalu rendah dan ingin menaikkannya, beberapa tips berikut mungkin membantu:

1. Tingkatkan asupan kalori

Untuk menaikkan berat badan, jumlah asupan kalori Anda harus lebih besar dari jumlah kalori yang Anda bakar. Jumlah kalori yang Anda bakar dalam sehari terdiri dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk proses dasar seperti bernafas, sirkulasi darah, perbaikan dan aktivitas sel, dan kalori yang dibakar untuk aktivitas fisik. Tingkatkanlah asupan kalori Anda dengan:

  • Menambahkan lemak sehat ke dalam makanan Anda. Contoh sumber lemak sehat adalah
    alpukat, zaitun, kacang, dan minyak ikan. Ingatlah bahwa makanan berlemak tidak sehat seperti sate kambing, steak, es krim, dll tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, meskipun Anda kurus.> Kolesterol jahat pada makanan-makanan tersebut tetap berbahaya bagi Anda.
  • Minum jus atau susu sebagai pengganti air putih.
  • Makan empat kali sehari: sarapan, makan siang, makan sore dan makan malam.
  • Mendapatkan sarapan yang lebih lengkap dengan nasi, sayur, lauk-pauk dan buah-buahan.
  • Mengonsumsi makanan ringan lebih banyak, terutama jika Anda mengalami kesulitan memakan makanan besar.
  • Memilih makanan yang lebih padat kalori, yaitu yang berkalori lebih banyak dalam volume yang lebih kecil.

2. Lakukan aktivitas fisik

Olahraga dapat menambah berat badan dengan meningkatkan massa otot. Sebagai hasilnya, tubuh Anda lebih berisi, lebih sehat dan lebih indah. Jika Anda kurang berolahraga, kenaikan berat badan didapatkan dari penambahan massa lemak, yang membuat tubuh Anda lebih rentan penyakit dan kurang indah. Selain itu, olahraga adalah perangsang nafsu makan yang baik. Untuk tujuan kenaikan berat badan, pilihlah jenis olahraga kebugaran, bukan olahraga daya tahan..

sumber : majalahkesehatan online

Tag Cloud