"Mencegah lebih baik dibanding Mengobati " = " Kesehatan itu Mahal "

 

Cuaca panas terkadang mendorong kita untuk meneguk minuman bersoda. Memang terasa nikmat  karena  kerongkongan kita yang kering langsung terasa segar. Tapi ada efek samping yang seharusnya Anda sadari.

Efek samping minuman bersoda bagi kesehatan

1. Penyebab Utama Tulang Rapuh
Kontributor Eating Well Media Group, menulis. Kandungan soda adalah penyebab utama tulang rapuh. Memang benar, fakta menjelaskan bahwa seorang remaja yang terlalu sering mengkonsumsi soda beresiko mengidap tulang keropos atau osteoporosis. Akibat fatalnya, pengidap akan mudah terkena patah tulang dibanding yang lain. Sebuah studi dalam Archives of Pediatric & Adolencent Medicine Jurnal yang dikeluarkan Asosiasi Kesehatan Amerika dalam risetnya menunjukan bahwa hal ini adalah benar. Riset yang dipimpin oleh Grace Wyshak dari Harvard Medical School di Boston berhasil menganalisa data survey yang dilakukan pada 460 remaja di AS. Hasilnya, remaja yang sering mengkonsumsi soda, tiga kali lebih mudah mengalami patah tulang. Hal ini akan meningkat lima kali lipat bila tetap mengkonsumsi soda dan secara fisik aktif bergerak.

2. Kandungan Kafein Tinggi
Dalam satu gelas soda terdapat 50 miligram kafein. Walau lebih kecil dari kopi, kandungan kafein pada soda tetap jahat. Salah seorang dokter holistic, F. Batmanghelidj, MD, menyatakan bahwa dampak terburuk kafein adalah penyakit jantung dan juga sel-sel otak. Dan yang lebih membahayakan lagi, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa sebenarnya soda memiliki kandungan kafein yang tinggi. Jadi mereka tetap berfikir aman dibanding mengkonsumsi kopi. Asupan kafein secara teratur pada perempuan hamil dapat meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah. Bahkan dapat menyebabkan keguguran spontan atau kerusakan pada janin. Kafein juga dapat menghambat enzim-enzim yang digunakan dalam pembentukan memori, dan pada akhirnya menyebabkan hilangnya memori. Yang paling membahayakan adalah Kafein dapat beracun bagi sel-sel otak.

3. Mengandung Gula Berlebih
Kandungan gula pada minuman soda dipercaya sangat tinggi dibanding minuman lainnya. Dalam sekaleng soda terkandung paling sedikit Sembilan sendok teh gula!!. Padahal, kebutuhan gula dalam tubuh tidak boleh lebih dari empat sendok teh per hari! Jadi, bayangkan bila anda minum soda sebanyak tiga gelas setiap kali makan siang?!

4. Diet Soda Berbahaya
Yang perlu anda ketahui, belum tentu tulisan diet pada kemasan tidak berbahaya. Biasanya, produsen soda menggunakan pemanis buatan sebagai bahan pengganti gula yang mereka anggap aman. Nah, namanya aspartame. Padahal, bahan kimia ini dapat menyebabkan disfungsi insulin. Selain itu aspartame juga memiliki kandungan zat beracun yang tidak ada di gula alami. Dalam 166 artikel mengenai aspartame yang dipublikasikan oleh jurnal-jurnal medis, dari 91 persen penelitian independen, 84 penelitian dari total 92, ditemukan adanya kejadian membahayakan kesehatan yang diakibatkan oleh aspartame. Penelitian-penelitian sebelumnya akan aspartame telah mengidentifikasi adanya sifat merusak syaraf. Dalam suatu penelitian, 7 monyet diberi susu dengan aspartame. Satu monyet mati, lima lainnya menderita kejang-kejang hebat. Penelitian-penelitian lainnya telah menunjukkan bahwa asam aspartic, aitu salah satu komponen utama aspartame, mengakibatkan kerusakan otak bayi tikus.

5. Pemicu Penyakit Kanker
Peminum soda juga memiliki resiko kanker lebih tinggi. Dalam suatu penelitian disebutkan pula bahwa soda bisa mengakibatkan kerusakan DNA oleh karena sodium benzoate, yaitu zat pengawet yang biasanya ada dalam kebanyakan soft drink, mampu “mematikan” fungsi vital dari DNA Anda. Hal ini menyebabkan munculnya beberapa penyakit seperti misalnya cirrhosis hati dan Parkinson.

6. Menimbulkan Masalah Bagi Otot
Sebuah penelitian menemukan bahwa terlalu banyak minuman soda bisa menimbulkan masalah otot. Problem otot yang diakibatkan terlalu banyak minum soda itu disebut hipokalemia. Penderita hipokalemia ini mengalami penurunan level potassium dalam darah yang mengakibatkan gangguan pada fungsi vital otot. Gejalanya bisa mengalami lemah otot hingga mati rasa seperti lumpuh.

sumber : axlextreme blogspot

Tag Cloud