"Mencegah lebih baik dibanding Mengobati " = " Kesehatan itu Mahal "


Beberapa hal yang menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak yaitu :

– Terkena sinar matahari dalam waku lama
– Menyisir rambut dengan cara tidak tepat, misalnya menyisir rambut dalam keadaan basah atau menggunakan sisir bergigi rapat
– Pewarnaan rambut yang tidak sesuai ketentuan
– Penggunaan zat kimia salon yang berlebihan

cara mengatasi rambut kering yaitu :
1. Saat menata rambut perhatikan hal berikut:
kita tidak bisa menghindari penggunaan alat-alat yang membuat rambut menjadi kering, misalnya alat pengeriting rambut, blow dryer, sasak, dan sejenisnya. Alat-alat tersebut mengeluarkan panas cukup tinggi sehingga bisa merusak rambut. Jadi, kalau rambut Anda terlihat kering dan kusam, hentikanlah sejenak aktivitas menata rambut. Biarkan rambut Anda beristirahat dan menemukan kecemerlangannya kembali

2. Jangan Mengikat Rambut saat Istirahat atau Tidur
Beberapa orang memiliki kebiasaan ini, tidur dengan mengikat rambut. Padahal, ini kurang baik untuk kesehatan rambut karena rambut sudah cukup lelah diikat selama seharian Anda beraktivitas. Jadi, lepaskan ikatannya saat Anda beristirahat dan biarkan rambut bernapas.

3. Hindari Keramas Setiap Hari
Secara alami, rambut memproduksi zat semacam minyak. Kadarnya berbeda-beda untuk tiap-tiap orang. Beberapa orang dengan kadar minyak tinggi, perlu keramas tiap hari untuk membersihkan rambut. Namun, bagi pemilik rambut kering, hal ini justru semakin membuat rambut kusut, kusam, dan gampang rontok. Jadi, keramaslah dua hari sekali, itu sudah cukup.

4. Jangan Menggaruk Kulit Kepala Berlebihan saat Keramas
Menggaruk kepala sering kita lakukan saat keramas untuk memastikan rambut bersih dari kotoran. Namun, menggaruk dengan cara berlebihan bisa merusak kulit kepala sehingga mengurangi pelembap alami rambut yang dihasilkan.

5. Hindari Membilas Rambut dengan Air Panas
Bagi Anda yang memiliki kesukaan mandi uap atau mandi dengan air hangat, perlu diketahui bahwa membilas rambut dengan air panas bisa merusak rambut. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda tetap membilas rambut menggunakan air dingin.

6. Perhatikan Cara Menyisir yang Baik
Menyisir rambut mungkin hal sederhana dan kita lakukan setiap hari berulang-ulang sepanjang hidup kita. Namun, kita sering melakukan cara yang salah dalam menyisir rambut, yaitu menyisirnya dalam keadaan basah atau menggunakan sisir bergigi rapat. Rambut kering dalam keadaan basah menjadi sedikit rapuh. Menyisirnya dalam keadaan seperti ini bisa menyebabkan rambut patah dan rontok. Apalagi, jika menggunakan sisir bergigi rapat.
Cara yang baik adalah membiarkan rambut Anda kering alami sebelum Anda menyisirnya.

7. Menggunakan Kondisioner yang Tepat
Kondisioner adalah pelembab rambut. Biasanya, digunakan setelah keramas. Kondisioner biasa digunakan untuk mengatasi rambut kering. Namun, kalau penggunaannya tidak tepat, hasilnya menjadi kurang baik. Pastikan sampo sudah benar-benar terbilas bersih sebelum Anda menggunakan kondisioner.

8. Gunakan Masker jika Rambut Benar-benar Kering dan Rusak
Beberapa masker dan obat-obatan rambut bisa Anda peroleh di toko-toko atau Anda buat sendiri dengan cara mudah.
Beberapa bahan untuk Masker diantaranya sebagai berikut:
– Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan dalam jumlah yang cukup besar. Zat tersebut terbukti membantu melembapkan rambut kering yang rusak. Biasanya, digunakan sambil memijat perlahan tempurung kepala, sekitar 30 menit sebelum keramas.
– Minyak esensial
merupakan kombinasi minyak zaitun dingin dan minyak rosemary. Yang harus diperhatikan, jangan menggunakan minyak rosemary saat hamil karena minyak ini memiliki pengaruh kurang baik terhadap kandungan.
– Madu
Penggunaan madu sebagai pelembap kepala sudah dikenal sejak dulu. Biasanya, madu digunakan bersama dengan yoghurt, almond, dan minyak zaitun.
– Buah Alpukat
Buah ini tidak hanya enak dimakan, tetapi baik untuk perawatan rambut. Biasanya, dicampur dengan santan sampai mengental. Lalu, dioleskan secara merata di kulit kepala.

sumber : kompas online

Tag Cloud