"Mencegah lebih baik dibanding Mengobati " = " Kesehatan itu Mahal "

Khasiat melon Juice

Buah melon kaya akan Vitamin A, B, dan C dan memiliki banyak khasiat seperti :

  1. Menghaluskan kulit
  2. Menyehatkan mata
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Menambah stamina sehingga tidak mudah lelah
  5. Membantu menguatkan fungsi otot-otot tubuh
  6. Menguatkan antibodi tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit flu
  7. Mengandung anti oksidan tinggi sehingga menghindarkan diri kita dari proses oksidasi yang berlebihan.

Sejumlah protein juga terdapat pada melon. Kandungan kalsium dan fosfor pun bisa didapatkan di Melon. Sebagai mineral, kalsium dan fosfor dalam melon berupa larutan garam yang bersifat basa, karena kalsium membentuk kation dan fosfor membentuk anion. Ion-ion kalsium dalam air stabil, sedang ion-ion fosfat kurang stabil karena bereaksi dengan air, yang terkenal sebagai hidrolisis. Oleh karena itu, melon bersifat basa sehingga dapat menetralkan asam lambung yang berlebihan. Mineral ini juga dapat menyembuhkan sembelit. Peningkatan asam perlu diturunkan karena menggangu pencernaan.

Untuk mendapatkan nutrisi yang baik, melon pun menjadi pilihan yang tepat. Kandungan nutrisi melon meliputi 15 mg kalsium; 25 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mg Vitamin C; 640 mg Vitamin A; dan 0,03 mg Vitamin B1. Katakanlah seminggu 2 xminum segelas jus melon dan makan sepotong melon (1/4 dari buah yang ukurannya kecil) dapat menyehatkan.

Melon juga mengandung antikoagulan yaitu adenosine. Oleh karena itu melon dapat mencegah koagulasi (penggumpalan) sel darah yang dapat memicu terjadinya stroke pada penderita tekanan darah tinggi dan jantung. Melon juga mengandung karotenoid yang tergolong tinggi sehingga dapat mencegah kanker, terutama kanker paru-paru.
Melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik sehingga dapat menyembuhkan penyakit dan eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan lemon, melon dapat membasmi asam urat. Bagi orang yang menderita penyakit di atas, sebaiknya mengkonsumsi jus melon setiap pagi. Untuk menambah kelezatan melon dapat dipadukan dengan susu.

sumber : artikel koran kompas

Tag Cloud