"Mencegah lebih baik dibanding Mengobati " = " Kesehatan itu Mahal "

Flu dan pencegahannya

       Pada musim pancaroba, di mana musim hujan berganti musim kemarau atau sebaliknya, seringkali cuaca berubah tidak menentu. Sebentar panas, sebentar hujan. Perubahan cuaca yang tidak bisa diramalkan ini bisa menyebabkan orang-orang mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga akhirnya menjadi sakit. Penyakit terbanyak yang menyerang pada musim pancaroba seperti ini adalah penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), seperti flu atau pilek. Berikut beberapa tips untuk mencegah penyakit flu atau pilek :

  1. Istirahat yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup, tubuh akan mengisi ulang energi sehingga bisa melawan penyakit yang menyerang.
  2. Makan makanan bergizi. Makanlah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Banyak minum air. Dalam 1 hari, kita harus minum minimal 2 liter atau 8 gelas air per hari.
  4. Konsumsi vitamin C atau E. Vitamin C atau E adalah anti oksidan yang bisa memerangi penyakit yang akan menyerang tubuh.
  5. Cuci tangan. Sering-seringlah mencuci tangan, terutama sebelum makan, agar tangan kita bersih dari bakteri dan kuman.
  6. Olahraga secara teratur. Berolahraga ringan setiap hari minimal 30 menit terbukti meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  7. Berpikir positif. Dengan berpikir positif dapat mencegah stress yang dapat melemahkan daya tahan tubuh.
  8. Jaga suhu tubuh. Bila Anda kehujanan, cepatlah berganti pakaian agar Anda tidak kedinginan dan terserang flu.
  9. Hindari rokok dan alkohol.
  10. Vaksinasi. Lakukan vaksinasi terhadap flu setahun sekali.
  11. Hirup udara segar. Walaupun sudah langka di perkotaan, tapi usahakan menghirup udara yang segar karena sangat bagus untuk paru-paru Anda.
  12. Makan buah dan sayur. Sebuah studi mengatakan, makan 1 buah apel per hari dapat menjauhkan Anda dari dokter.
  13. Gunakan masker. Apabila Anda sedang terserang flu, pakailah masker untuk mencegah penularan ke orang-orang yang Anda cintai atau teman-teman kerja Anda.
  14. Makan/minum jahe. Jahe berkhasiat menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah Anda terserang flu.

Kita akan mengerti pentingnya kesehatan apabila kita sudah terserang penyakit. Oleh karena itu, jagalah kesehatan Anda baik-baik karena kesehatan itu mahal harganya.

(Tim SehatBugar BSG – Stephane Caroline Wongsosaputro, S.Ked, Andita Garindra, S.Ked)

Tag Cloud