"Mencegah lebih baik dibanding Mengobati " = " Kesehatan itu Mahal "

Manfaat Madu

           Madu mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan sehingga membuatnya menjadi salah satu aspek penting dari obat tradisional. Para ilmuwan juga meneliti manfaat madu dalam kedokteran modern, khususnya manfaatnya dalam penyembuhan luka.
           Yang membuat madu begitu populer adalah kemudahan dalam mengkonsumsinya. Madu bisa dimakan langsung, dioleskan di roti, mencampurnya dengan jus atau minuman atau mencampurnya dengan air hangat, air jeruk nipis, kayu manis dan rempah-rempah lainnya untuk membuat obat.

Adapun manfaat madu untuk kesehatan tubuh sebagai berikut :
1.  Pemanis

Gula bisa diganti dengan madu dalam makanan dan minuman. Madu mengandung sekitar 69% glukosa dan fruktosa memungkinkan untuk digunakan sebagai pemanis.

2.  Sumber energi

Madu juga digunakan oleh banyak orang sebagai sumber energi karena menyediakan sekitar 64 kalori per sendok makan. Satu sendok makan gula akan memberikan sekitar 50 kalori. Selanjutnya gula dalam madu bisa dengan mudah dikonversi menjadi glukosa bahkan oleh perut yang paling sensitif. Oleh karena itu madu sangat mudah dicerna.
3.  Menurunkan berat badan

Walaupun madu memiliki kalori lebih dari gula, madu bila dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam mencerna lemak disimpan dalam tubuh Anda. Demikian pula madu dan jus lemon dan madu dan kayu manis membantu dalam mengurangi berat badan.
4.  Meningkatkan kinerja para atlet

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu adalah bantuan ergogenic yang sangat baik dan membantu dalam meningkatkan kinerja atlet. Madu memfasilitasi dalam menjaga kadar gula darah, penyembuhan dan pemulihan glikogen otot setelah latihan.
5.  Sumber dari vitamin dan mineral

Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dan mineral dalam madu tergantung pada jenis bunga yang digunakan untuk pemeliharaan lebah.
6.  Antibakteri dan antijamur

Madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur , oleh sebab itu dapat digunakan sebagai antiseptik alami.
7.  Antioksidan

Madu mengandung Nutraceuticals, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh kita. Akibatnya, kekebalan tubuh kita dapat ditingkatkan.
8.  Perawatan kulit dengan susu dan madu

Susu dan madu sering disajikan bersama-sama di pagi hari sebagai bahan untuk membantu dalam mendapatkan kulit yang halus.

sumber : kompas online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud