"Mencegah lebih baik dibanding Mengobati " = " Kesehatan itu Mahal "


Berikut ini adalah 14 macam makanan yang dapat mengubah hidup Anda para penderita diabetes. Tidak hanya bagi penderita diabetes, makanan-makanan sehat ini juga memberikan manfaat besar untuk kesehatan Anda semua. Selamat makan!

1. Buncis
Buncis kaya akan serat, yaitu suatu kandungan dalam sayur-sayuran yang dapat membuat Anda merasa kenyang, menstabilkan gula darah, dan menurunkan kolesterol. Buncis juga merupakan sumber kalsium yang dapat membantu membakar lemak, dan sumber protein yang sangat baik. Berbeda dengan sumber protein yang lain seperti daging merah, buncis ini rendah akan kandungan lemak jenuh. Lemak jenuh dapat menyumbat pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung.

2. Produk susu
Anda tidak akan menemukan sumber kalsium dan vitamin D sebaik produk-produk susu, seperti susu segar, yogurt dan sebagainya. Penelitian memperlihatkan bahwa wanita yang mengkonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium dan lebih dari 88 IU vitamin D dalam sehari, ternyata memiliki risiko diabetes 33% lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi dua nutrisi tersebut dalam jumlah yang lebih kecil. Namun, sebaiknya pilihlah produk susu yang rendah lemak ataupun bebas lemak.

3. Salmon
Salmon merupakan makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ahli kesehatan. Kenapa? Dia kaya akan asam lemak omega 3, yaitu lemak sehat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, mengecilkan lingkar pinggang Anda, meredakan proses peradangan, dan memperbaiki resistensi insulin. Selain itu, salmon juga merupakan sumber vitamin D yang baik.

4. Tuna
Sumber omega 3 dan vitamin D lain yang cukup baik adalah ikan tuna. Sayangnya, ikan tuna dapat mengandung kadar merkuri yang cukup tinggi, yaitu suatu senyawa yang dapat menimbulkan masalah neurologis apabila dikonsumsi dalam dosis besar. Oleh karena itu, batasi konsumsi ikan tuna agar tidak lebih dari 12 ons per minggu.

5. Barley
Barley merupakan makanan yang termasuk dalam kelompok padi-padian yang kaya akan serat larut yang disebut beta-glucan. Penelitian memperlihatkan bahwa beta-glucan dapat menurunkan kolesterol LDL dengan cara mencegah tubuh Anda untuk menyerapnya. Dikatakan bahwa dengan mengkonsumsi 3 gram sehari, itu sekitar 1 porsi barley, dapat menurunkan kolesterol sampai 8%. Dan dengan kandungan seratnya, barley dapat membuat Anda cepat kenyang sehingga dapat menstabilkan kadar gula darah Anda.

6. Oat
Seperti barley dan buncis, oat merupakan makanan bagi penderita diabetes yang sangat baik karena kandungan seratnya. Penelitian juga memperlihatkan bahwa oat dapat menurunkan kolesterol jahat dan memperbaiki resistensi insulin. Serat larut oat juga dapat melambatkan pemecahan karbohidrat dalam tubuh, sehingga gula darah Anda tetap stabil.

7. Beri
Berbagai buah beri dapat dibilang sebagai permen alami. Namun berbeda dengan permen yang sebenarnya, beri ini mengandung serat dan antioksidan yang disebut polyphenol. Beri juga baik bagi jantung. Pilih saja yang Anda suka, stroberi, bluberi, dan sebagainya.

8. Kurma
Buah yang laris pada masa Ramadhan ini dapat dijadikan sebagai snack yang aman bagi penderita diabetes. Selain memiliki kandungan serat, kurma juga mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk, anggur, brokoli, dan cabai.


9. Sayur-sayuran hijau

Tidak sedikit orang yang tidak suka sayuran hijau. Namun, apabila diolah dengan pintar, sayuran hijau juga dapat menjadi makanan yang disukai. Berbagai jenis sayuran hijau mengandung serat dan kalsium. Dia juga baik bagi penderita penyakit jantung karena kandungan folat-nya.

10. Kacang lentil
Sama seperti saudaranya, buncis, lentil juga kaya akan serat. Dia juga mengandung folat, berbagai vitamin dan mineral, serta merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik.

11. Flaxseed
Flaxseed adalah makanan kesehatan dari biji bunga Flax yang hanya tumbuh di Amerika Utara dan Canada. Flaxseed merupakan sumber serat dan alpha-linolenic acid (ALA). ALA akan diubah oleh tubuh Anda menjadi omega 3 EPA dan DHA. Tidak hanya menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, flaxseed juga dapat mengurangi masalah-masalah kardiovaskular. Mengandung Omega-3 yang sangat tinggi 15x lebih tinggi daripada ikan Salmon dan mengandung Lignan ( zat anti kanker) 800x lebih banyak daripada Brokoli. Sangat baik untuk mencegah kanker payudara dan usus, wasir karena mengandung dua macam serat yaitu yang larut air ( untuk menurunkan LDL / kolesterol jahat) dan serat tidak larut air ( untuk melancarkan BAB) dan juga sangat baik untuk menunda menaupose.

12. Walnut
1 ons walnut mengandung 2 gram serat dan 2,6 gram ALA. Sayangnya, dalam 1 ons tersebut walnut mengandung 185 kalori. Sehingga Anda perlu memperhatikan jumlah yang Anda konsumsi untuk menjaga berat badan Anda.

13. Peanut butter
Beberapa penelitian ternyata menemukan hubungan antara selai peanut butter dengan pemurunan risiko diabetes. Namun, makanan ini juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Oleh karena itu batasi konsumsinya.

14. Dark chocolate
Kaya akan flavonoid, coklat ini dapat memperbaiki kandungan kolesterol baik dan jahat dalam tubuh Anda serta dapat mengurangi tekanan darah Anda. 1 ons-nya mengandung 136 kalori dan 8,5 gram lemak, oleh karena itu jangan konsumsi terlalu banyak juga. Gunakanlah sebagai penyedap makanan, misalnya dengan dilelehkan sebagai celupan stroberi atau raspberi.

sumber : gigisehatbadansehat.blogspot & MSNBC: 14 foods that could
change a diabetic’s life

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.